Wtahq.com – Hujan deras yang disertai dengan angin kencang melanda sekitar wilayah Yogjakarta pada hari Rabu (25/4/2018) siang. Hujan deras yang turun terjadi sekitar satu jam lamanya tersebut tidak membuat berhenti para warga yang sedang membetulkan rumahnya yang rusak lantaran angin puting beliung pada hari Selasa kemarin.

Para warga yang berada di sekitar daerah Sorowajan dan Kalijambe, Banguntapan Bantul sudah dari sejak pagi mereka bekerja bakti untuk membetulkan para rumah warga yang mengalami kerusakan. Rata-rata rumah mengalami kerusakan pada bagian genteng yang berterbangan terbawa angin puting beliung.

Pada saat hujan turun, para warga sempat berhenti bekerja bakti sambil menunggu hujan sampai reda. Tidak hanya itu saja, para warga juga ikut membantu para petugas untuk memperbaiki tiang listrik dan telepon yang roboh.

Sutiran, warga Sorowajan Baru bersama warga lainnya terus melakukan kegiatan kerja bakti.

“Hari ini Kerja bakti , tadi kan hujan sempet terkendala, tapi hujannya hanya sebentar, terus lanjut lagi,” ujar sutiran.

Selain itu juga ada Sunaryo warga Sorowajan lainnya mengungkapkan sebagian besar rumah warga rusak dibagian atap atau genteng. Rumah warga yang rusak ada yang langsung ditutup menggunakan seng atau plastik terpal. Bantuan terpal belum sepenuhnya mencukupi untuk warga yang rumahnya rusak.

“Ada yang beli sendiri, baik terpal atau seng. Tapi ada juga ynga dikasih bantuan,” katanya.

Menurutnya rumah warga yang genteng pecah lebih merepotkan karena untuk mencari pengganti genteng tanah liat tidak mudah mendapatkannya. Warga kemudian memilih memanfaatkan genteng yang tidak rusak untuk dipasang lagi. Sementara itu untuk mengantisipasi agar tidak bocor saat hujan, kemudian diganti tutup terpal, seng atau asbes.

“Tambal sulam saja. Yang penting tertutup dulu dan tidak kehujanan. Semua warga ikut kerja bakti, biar cepat selesai,” katanya.

Ia menceritkan seng milik tetangganya ada yang terbang sejauh 150-an meter saat terjadi angin puting beliung. Untungnya seng dan kayu itu jatuh di tanah kosong yang jauh dari pemukiman. Sebab kalau jatuh menimpa rumah atau orang lain akan membahayakan.

“Ada potongan seng dan kayu yang terbang jauh. Untung tidak mengenai orang,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *