Wtahq.com – Hujan deras dengan dibarengi angin yang begitu kncang terjadi siang tadi di sekitar Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Sejumlah rumah warga banyak yang mengalami kerusakan parah lantaran adanya angin kencang yang terjadi itu.

Banyak pohon yang rubuh lantaran angin dan juga satu gedung serba guna ambruk. Hujan deras yang melanda Kebumen pada Sabtu (20/1/2018) telah menyebabkan pohon tumbang sehingga menimpa dan merusak 14 rumah warga di 13 desa dalam 7 kecamatan. Beruntungnya akibat kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

“Hujannya memang deras disertai angin kencang, akibatnya pohon-pohon jadi tumbang terus menimpa rumah warga. Ada sekitar 14 rumah yang rusak yakni 8 rusak sedang dan 6 rusak ringan,” ungkap Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kebumen, Muhyidin, Sabtu (20/1/2018).

Tidak hanya banyak rumah warga yang mengalami kerusakan parah, tapi juga ada satu gedung serba guna yang berada di Desa Wiromartan, Kecamatan Mirit, ambruk karena tidak kuat menahan derasnya hujan yang disertai angin kencang. Pohon tumbang juga terjadi di 2 titik jalan umum sehingga mengganggu arus lalu lintas.

“Pohon tumbang juga terjadi pada jalan umum di belakang Pasar Petanahan dan jalan Desa Lajer Ambal yang sempat mengganggu lalu lintas tapi sekarang sudah teratasi. Sebuah gedung serba guna di Wiromartan Mirit juga ambruk,” lanjutnya.

Kerusakan rumah warga akibat kejadian tersebut rata-rata terjadi pada bagian atap. Hujan deras diperkirakan masih akan melanda Kebumen, warga pun diimbau untuk tetap waspada.

“Untuk logistik juga sudah kami terjunkan ke lokasi. Warga dan petugas hingga saat ini masih melakukan kerja bakti untuk membersihkan puing-puing reruntuhan dan pohon. Jika hujan deras terjadi kami himbau agar warga untuk tetap waspada,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *