Wtahq.com – Hujan deras yang dengan intensitas tinggi terus menerus turun melanda Banjarnegara dan sekitarnya. Dengan hujan yang deras dan juga berlangsung lama tersebut mengakibatkan terjadinya pergerakan tanah di Desa Pandansari Kecamatan Wanayasa.

Dengan adanya aktivitas pergerakan tanah tersebut ada satu rumah warga yang mengalami kerusakan cukup parah dan penghuninya diharuskan terpaksa mengungsi ketempat saudara yang lebih aman.

“Dan hari ini rumah kembali roboh,” ujar Kepala BPBD Banjarnegara Arief Rahman, Jumat (5/1/2018).

Kejadian pergerakan tanah tersebut berawal pada Kamis (4/1) sekitar pukul 18.30 WIB. Pada waktu iotu tembok yang berada di dalam rumah tiba-tiba saja ambruk.

Rumah tersebut dihuni 3 orng jiwa yakni Rasim (45), Supriyanti (40) dan Abdul Jalal (16). Dengan kondisi rumah tersebut, satu keluarga ini terpaksa mengungsi di rumah anaknya di Desa Karangtengah Kecamatan Wanyasa.

“Dalam kejadian ini tidak menyebabkan korban jiwa. Namun kerusakan rumah hingga 75 persen,” sebutnya.

Untuk evakuasi, tim yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri dan warga setempat membersihkan puing-puing bangunan. Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat sekitar untuk lebih waspada dengan adanya tanah gerak.

“Apalagi sampai saat ini intensitas hujan masih tinggi. Jadi warga tetap waspada,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *