Wtahq.com – Sebanyak 258 paket tangkap ikan yang bersifat ramah lingkungan sengaja di datangkan untuk membantu parfa nelayan yang berada di Jepara, Jawa Tengah. Bantuan tersebut berasal dari Kementrian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jendral Perikanan Tangkap (DJPT).

Hal tersebit dilakukan lantaran merupakan salah satu program prioritas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan juga kesejahteraan para nelayan. Penyerahan bantuan tersebut berlangsung di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara.

Acara penyerahan bantuan tersebut juga dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Kelautan Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga, Suseno Sukoyono, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi.

Dalam satu paket bantuan terdiri dari sembilan jenis alat tangkap ikan ramah lingkungan, diantaranya jaring insang, tammel net, bubu lipat ikan, bubu rajungan, rawai dasar, pancing ulur. Alat tersebut tidak merusak ekosistem laut.

“Pemberian bantuan alat ini sejumlah 258 dari total 289 paket alat tangkap ikan ramah lingkungan untuk nelayan Jepara,” ujar Suseno Sukoyono, Senin (16/10/2017).

Selain untuk mengutamakan alat yang bersifat ramah lingkungan, pemberian bantuan itu merupakan upaya untuk memberantas IUU fishing (aktifitas perikanan yang tidak sah) dan kedaulatan yang berkelanjutan.

“Selain itu sebagai upaya pengelolaan sumber daya perikanan yang bertanggungjawan dan mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan di Indonesia,” imbuh dia.

Hingga Oktober 2017, pemberian bantuan alat tangkap ikan ramah lingkungan di Jateng sudah mencapai 2.341 nelayan dari total sekitar 6.000 nelayan.

“Kami targetkan Desember semua nelayan mendapatkan bantuan,” lanjutnya. Selain itu, Ganjar pranowo sangat menyetujui dengan adanya program dari kementrian tersebut.

“Namun, hal itu harus didukung dengan kebijakan yang lain. Artinya, bantuan alat tersebut dilakukan dengan cepat. Tidak bisa, aturan itu ditegakkan kalau nelayan belum punya alat yang dimaksud,” paparnya.

Mustain (45), seorang nelayan asal Kecamatan Kedung menuturkan bahwa bantuan tersebut disambut baik oleh sebagian banyak nelayan di Kabupaten Jepara. Hanya saja, hingga saat ini bantuan belum dilakukan secara menyeluruh.

“Ada yang masih belum dapat. Jadi, kalau mau menegakkan program secara baik, harusnya semua nelayan diberi alat yang standar dari pemerintah,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *