Wtahq.com – Para warga yang berada di garut sudah mulai merasakan kekurangan pasokan air bersih pada sebulan terakhir ini. Salah satu kampung yang sudah sangat merasakan dampak kekeringan yakni Warga Kampung Kondang Sari, Desa Kertajaya, Cibatu.

Mereka dengan terpaksa harus memanfaatkanair kolam yang berisi ikan yang digunakan untuk kebutuhan sehari-harinya. Endut, salah satu warga setempat mengatakan, arga di kampung ini menggunakan air dari kolam ikan lantaran kesulitan menemukan sumber air bersih.

“Memang kalau musim kemarau mandi di sini (kolam ikan). Buat cuci baju atau cuci piring juga di sini saja,” kata Endut di Kampung Kondang Sari, Cibatu, Senin (11/9/2017).

Dia menjelaskan bahwa sebelumnya warga nekat menggunakan air kolam yang berwarna keruh untuk memasak nasi dan air yang dikonsumsi untuk minum.

“Kalau kolamnya enggak dipakai mandi sama anak-anak, ya dipakai buat minum. Paling dimasak dulu biar agak bening,” ucapnya.

Menurut Endut, dampak kekeringan sudah terjadi hampir tiga bulan lamanya. Hingga kini, sambung dia, warga belum menerima bantuan air bersih dari pemerintah.

“Kalau dua tahun lalu emang ada tengki air ke sini.Tapi sekarang udah tiga bulan gak ada. Ya kalau bisa ada yang bantu lah untuk air, kan kita perlu minum dan mandi,” tutur Endut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *