Wtahq.com – Sejumlah pengendara mobil dan sepeda motor roda dua di Magelang kena tilang lantaran plat motor yang dipasang di modifikasi. Plat motor mereka ditemukan telah merekayasa angka maupun jarak tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB).

Kapolres Magelang Kota, AKBP Hari Purnomo, melalui Kasat Lantas AKP Marwanto, mengatakan bahwa kepolisian memberikan tindakan tegas berupa tilang.

Mereka juga diharap untuk segera mengganti TNKB yang tidak sesuai aturan dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Polri.

“Hasil razia kami temukan 10 pengendara kendaraan roda empat yang sengaja memasang TNKB tidak sesuai standar dari Polri. Selain tilang, kami juga imbau untuk memasang kembali plat nomor sesuai yang tertera di dalam STNK,” katanya.

Menurut Marwanto, sanksi tegas ihwal pelanggaran pemasangan TNKB tidak resmi tersemat dalam UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Hal tersebut, diatur di Pasal 68, yang menyebut bahwa kendaraan bermotor wajib menggunakan TNKB yang memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna dan cara pemasangan.

“Tanda nomor kendaraan jangan dimodifikasi, apalagi sampai aneh-aneh. Mestinya TNKB dipasang sebagaimana yang tertera di dalam STNK, sesuai dengan yang dikeluarkan Polri” tandasnya.

Menurut Marwanto, pelanggaran pemasangan TNKB cukup marak di Kota Magelang. Rata-rata, mereka menggunakan jasa cat ulang TNKB dan memisahkan jarak antara angka dengan huruf. Padahal, modifikasi semacam itu tidak diperbolehkan dalam standarisasi yang ditetapkan.

“Modifikasi plat nomor ini sebenarnya tidak diperbolehkan. Misalnya, angka sedikit dirapatkan, diperkecil, apalagi dibuat yang aneh-aneh,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *