Wtahq.com – Tidak hanya mengatasi masalah yang selalu berkecimpung dengan kebakaran dan bencana alam saja, namun Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok juga bisa mengobati keresahan para warga yang mendapat gangguang dengan adanya binatang atau hama.

Seperti yang terjadi di warga Jalan Pedurenan Depok, RT 5, RW 1, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, mendapat gangguan dengan datangnya seekor biawak yang belum diketahui dari mana asalnya. Salah satu warga mellaporkan adanya biawak yang masuk ke dalam sumur lumayan dalam.

Kejadian tersebut berlangsung pada hari Senin (28/8/2017) Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok menerima laporan dari Jepri salah satu warga setempat.

“Ia melaporkan ada binatang Biawak masuk kedalam sumur,” kata Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok Yayan Aryanto, Selasa (29/8/2017). Karena laporan ini kata Yayan, pihaknya mengirim 12 personel rescue yang terlatih dalam penyelamatan dengan panjat memanjat serta mampu mengatasi binatang buas.

“Kami kirim 12 personel terlatih, berikut peralatan yang memadai,” kata Yayan.

Ia mengatakan petugas butuh waktu cukup lama untuk dapat mengeluarkan biawak dari sumur sedalam 17 meter tersebut.

“Kami butuh waktu 4 jam lebih untuk evakuasi biawak dari sumur yang cukup dalam. Mulai dari pukul 09.40 sampai pukul 14.00,” kata Yayan. Menurutnya masuknya biawak ke dalam sumur membuat warga penghuni rumah yakni keluarga Jepri, resah dan takut.

“Karenanya melapor dan meminta bantuan kami. Akhirnya biawak berhasil kami evakuasi,” kata Yayan.

Beberapa pekan sebelumnya, kata Yayan, pihaknya juga menerima permintaan bantuan dari warga, karena ada anak kucing peliharaan mereka, yang terjebak dan terjepit di pipa saluran pembuangan air.

“Petugas kami juga berhasil menyelamatkan anak kucing yang sudah terjepit dan terjebak di pipa air warga itu selama berjam-jam, tanpa terluka sedikitpun,” kata Yayan. Menurut Yayan, saat ini dari sekitar 240 personel Dinas Damkar dan Penyelamatan Depok, mereka dituntut mampu melakukan pertolongan dan bentuk bantuan lainnya ke warga selain mengatasi dan memadamkan kebakaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *