Wtahq.com – Setelah sebelumnya mengalami paceklik yang bisa dikatakan tidak hanya sebentar, kini para petani yang berada di pantai selatan sedang berbahagia karena hasil laut mereka sedang melimpah. Hasil para nelayan Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi yang didapat setiap kapal pada akhir-akhir ini mencapai 4 ton setiap pergi melaut.

“Dapat 5 ton setiap berlayar malam hari. Sudah beberapa minggu ini,” ucap Ahmad, salah satu nelayan, Senin (31/7/2017).

Untuk sekali melaut operasional tiap perahu slerek berkisar antara Rp 3 juta sampai Rp 5 juta. Namun dengan jumlah tangkapan yang melimpah, besaran modal operasional tersebut dengan mudah tertutup.

“1 Ton ikan hasil tangkapan, itu sudah menutup operasional, sisanya keuntungan. Jadi kalau dapat ikan banyak, nelayan bisa beli mobil,” katanya.

Sementara di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, sedikitnya beroperasi 8 perahu slerek. Pada panen raya ikan kali ini, perhari bisa menghasilkan 200 ton ikan lebih.

Untuk jenis ikan yang dihasilkan, meliputi ikan Layang atau Mrenying, dengan harga jual Rp 7 ribu sampai Rp 14 ribu perkilo gram. Dan jenis Tongkol laku senilai Rp 15 ribu perkilo gram. Sedang ikan Lemuru juga didapati, meskipun dengan jumlah lebih sedikit.

“Perairan yang banyak ditemukan ikan mulai perairan Plengkung, Pancer dan Manung,” jelas Ahmad.

Tak hanya nelayan, panen raya ikan ini juga dirasakan oleh warga sekitar Pantai Pancer. Khususnya bagi para petani dan pencari kayu hutan. Karena, pada momen ini mereka bisa menambah pundi-pundi penghasilan dengan menjadi buruh pengangkut ikan.

“Banyak ikan jadi banyak rejeki. Karena kita bisa ‘nyambi’ angkut ikan ke darat,” ujar Sutaji, warga setempat.

Setiap mendapat job angkut ikan dari perahu ke lokasi TPI yang berjarak sekitar 200 meter, dia bisa mengantongi uang Rp 20 ribu, untuk keranjang dengan muatan ikan seberat 1 kwintal. Dan Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu, untuk bayaran angkut basket berisi ikan seberat 30kg.

“Minimal saya bisa dapat uang Rp 80 ribu sehari, kalau pas rejeki bisa dapat Rp 300 ribu lebih malah,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *