Wtahq.com – Sampah yang menumpuk di Pasar Baleendah siap untuk dipindah tempatkan oleh pihak Pemkab Bandung. Sudah banyak keluhan yang dilontarkan oleh para pedagang dan warga sekitar karena menumpuknya sampah selama 4 bulan lamanya.

Bupati Bandung Dadang M Naser memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung yang bekerja sama dengan Kodim 0609 Kabupaten Bandung untuk menyelesaikan persoalan sampah.

“Kami akan turun dengan TNI. Minggu-minggu ini sedang menentukan jadwal. Kami akan turun bersama-sama. Saya sudah bertemu dengan Komandan Kodim 0609 bersama tokoh masyarakat siap untuk menyelesaikan sampah di sekitar Baleendah dan Majalaya,” tutur Dadang di Kantor Desa Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/7/2017).

Menurut Dadang, usai Lebaran 2017 lalu volume sampah di wilayahnya. Selain itu, ia menyesalkan masih adanya perilaku warga di Baleendah dan Majalaya yang membuang sampah sembarangan.

Dadang mengimbau kepada warga Kabupaten Bandung agar memilah limbah hasil rumah tangga sebelum sampah dibuang jadi satu. “Mestinya sampah tersebut dimasukkan ke lubang biopori, sehingga permasalahan sampah di rumah tangga selesai. Tapi masalahnya masyarakat belum sadar,” ujar Dadang.

Ia berharap kepada Pemprov Jabar segera menyelesaikan pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Legok Nangka Nagreg, mengingat volume sampah di TPA Sarimukti Kabupaten Bandung Barat semakin meningkat.

“Saya mohon kepada provinsi dipercepat (pembangunan TPA Legok Nangka). Jangan sampai ada masalah hukum pembangunan menjadi terhambat. Silahkan orang-orang yang terlibat hukum, proses. Tapi lahan tersebut juga harus segera diproses (pembangunannya),” tutur Dadang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *